Banner Atas Info Pengumuman

Universitas Flores

PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA UNIFLOR GAUNGKAN SUMPAH PEMUDA, NGOPI SENJA, DAN LAUNCHING GREEN COMMUNITY

 


Universitas Flores (Uniflor) sebagai lembaga pendidikan tinggi persemaian cendekiawan muda peringati Hari Sumpah Pemuda, Sabtu (28/10/2023). Pukul 06.00 WITA dimulai jalan sehat dari Kampus I menuju titik kumpul Monumen Pancasila di Simpang Lima Ende yang diikuti oleh dosen, karyawan, dan perwakilan mahasiswa dari 7 fakultas. Di depan Monumen Pancasila ratusan mahasiswa Uniflor menggaungkan Sumpah Pemuda sebelum bergerak kembali ke Kampus III Uniflor untuk mengikuti berbagai kegiatan antara lain bazar dan lomba tarik tambang.

Wakil Rektor Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Uniflor Falentina Lucia Banda, S.E., M. Sc. mengatakan peringatan Sumpah Pemuda tahun ini diinginkan lebih bermakna atau bukan sekadar simbol. Generasi muda perlu diingatkan kembali tentang perjuangan kaum muda di zaman penjajahan. Zaman penjajahan kaum muda berjuang melawan penjajah sedangkan saat ini kaum muda harus berjuang memajukan bangsa yang bisa dimulai dari tindakan/gerakan kecil untuk Indonesia.



Ngopi Senja dimulai pukul 17.00 WITA dengan bazar serta hiburan oleh Prodi Pendidikan Sejarah Uniflor. Dalam bazar tersebut disiapkan aneka pangan lokal serta minuman yang merupakan salah satu bentuk penggalian dana oleh mahasiswa. Menjelang maghrib, Adzan Maghrib dikumandangkan dan dilanjutkan dengan shalat Maghrib berjamaah di anjungan gedung Prodi Pendidikan Sejarah dan Pendidikan Ekonomi. Pada saat bersamaan juga dilaksanakan Do'a Rosario di lokasi acara Lapangan Futsal Kampus III. 

Pukul 19.00 WITA tampil Perwakilan Mahasiswa Uniflor Pecinta Lingkungan Siti Salsabila Riska Amalia membawakan orasi tentang lingkungan. Dilanjutkan dengan launching Green Community of Universitas Flores yang ditandai dengan penyerahan bendera oleh Ketua Yayasan Perguruan Tinggi Uniflor Dr. Laurentius D. Gadi Djou, Akt. kepada Ketua Green Community yang saat ini menjabat Wakil Rektor Bidang Kerja Sama Uniflor Dr. Ernesta Leha, S.E., M.Agb. Berkenaan dengan itu dilaksanakan penyerahan dukungan cinta lingkungan oleh P.T. Jasa Raharja perwakilan Ende kepada Green Community Universitas Flores berupa tempat sampah.


Upacara memperingati Sumpah Pemuda dimulai pukul 19.30 WITA yang dipimpin oleh Kepala Biro Administrasi Umum dan Keuangan Uniflor Emiliana Contesa Sero, A.Md. dengan pembina Ketua Yapertif. Kegiatan tersebut diisi dengan Parade Barisan Pemuda dan Pemudi Uniflor yang terdiri dari 14 pasang mahasiswa asal 7 fakultas mengenakan pakaian adat Nusantara. Mereka kemudian kembali menggaungkan Sumpah Pemuda dan diikuti oleh seluruh peserta kegiatan. Upacara juga diisi dengan pementasan teater Belum Ada Judul oleh Komunitas Teater Costodias Historiae asal Prodi Pendidikan Sejarah dengan skrip dan penyunting oleh Oston Gadi Kapo.

Dalam sambutannya Ketua Yapertif mengapresiasi kegiatan yang digelar oleh Rektorat Uniflor beserta panitia, dan ucapan terima kasih kepada Prodi Pendidikan Sejarah dengan teater yang memukau oleh Komunitas Teater Costodias Historia, serta berharap kegiatan serupa akan terus digelar. Ia juga menyampaikan terima kasih kepada kaum muda yang ada di setiap prodi melalui prestasi mereka. 


Oleh karena itu diberikan penghargaan kepada mahasiswa berprestasi yang mengikuti serangkaian kegiatan. Olimpiade MIPA Tingkat Nasional Tahun 2022 Bidang Fisika dan Biologi peserta dari Prodi Pendidikan Fisika Prudensius I. M. Elba dan Prodi Pendidikan Biologi Maria K. Lepu. Olimpiade MIPA Tingkat Nasional Tahun 2023 Bidang Kimia peserta dari Prodi Pendidikan Fisika Yeremias Sunarto Lela. Debat Mahasiswa Tingkat LLDIKTI XV Tahun 2023 tentang Bonus Demografi dan Mahasiswa Entrepreneur peserta dari Prodi Sastra Inggris Yohanes Krisostomus Retu. Pendanaan PPK Ormawa Kemendikbudristek RI 2023 dari Uma Rema Class Fakultas Pertanian. Pendanaan PPK Ormawa Kemendikbudristek 2023 dari BEM Fakultas Pertanian. Kegiatan UN Global Indigenous Youth Forum peserta dari Uma Rema Class Fakultas Pertanian Virgilius W. S. Rovanda Putra. Pendanaan Hibah Program Kreativitas Mahasiswa Kemendikbudristek RI 2023 Bidang Riset Sosial Humaniora oleh Ketua Pengusul mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika Claudia Rau. Relawan Kartu Pintar Plus Nasional asal Prodi Manajemen Abdullah Yamin. 


Selain itu juga diberikan hadiah kepada para pemenang lomba tarik tambang yang digelar pagi hari. Pada momentum yang baik tersebut Ketua Yapertif secara pribadi menyerahkan hadiah apresiasi kepada semua mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah yang berpartisipasi memeriahkan peringatan Sumpah Pemuda tersebut.

Usai upacara kegiatan dilanjutkan dengan gawi bersama.(2teh).

Tautan Youtube kegiatan:

https://www.youtube.com/watch?v=AgL7OmGWvSA


0 Response to "PERINGATI HARI SUMPAH PEMUDA UNIFLOR GAUNGKAN SUMPAH PEMUDA, NGOPI SENJA, DAN LAUNCHING GREEN COMMUNITY"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Universitas Flores